Positifnya Mengikuti Sebuah Kompetisi Musik

15 komentar

Menurut Clark, banyak hal positif yang dapat diambil seusai kompetisi. Bila seorang siswa diikut sertakan ke dalam sebuah kompetisi, maka siswa tersebut akan memperoleh penilaian tentang mengapa mereka gagal dan dimana letak kekurangan mereka. Guru harus dapat segera menginterprestasikan, maka dalam sesi pemberian materi berikutnya harus ada yang ditambahkan atau diberi penekanan pada hal - hal yang perlu diperhatikan.

Bila dalam melakukan evaluasi ditemukan adanya beberapa kesalahan yang sama maka kedua pihak (guru dan orang tua) harus membicarakannya. Apakah latihan mereka sudah cukup efektif?

Sebaliknya jika siswa telah bermain musik sangat bagus, menandakan yang pertama bahwa telah terjalin kerjasama yang kompak antara guru dan orang tua, dan yang kedua, mencoba memainkan repertori yang lebih menantang lainnya. "Satu hal yang perlu diingat para orang tua, peserta dan guru bahwa kertas hasil penilaian juri bukanlah yang menentukan segala-galanya. Apapun hasilnya, angka-angka tersebut tidak dapat di jadikan sebagai tolok ukur bakat seorang anak. Juga bukan yang memastikan apakah guru si A atau si B itu sudah bekerja maksimal atau belum," kata Clark.

Setelah kompetisi, kesalahan dalam hal menginterprestasikan hasil kerja juri sering kali terjadi. Misalnya hasil penilaian juri diindikasikan bahwa sudah saatnya seorang siswa berganti guru apabila ia merasa gagal. Apabila selama belajar ditemukan hal-hal yang kuran tepat usahakanlah membicarakannya bersama dan berusaha memperbaiki dan menemukan jalan keluarnya. Jangan terbenak di pikiran untuk cepat-cepat mencari guru pengganti.

Di lain sisi, hasil penilaian juri dapat diibaratkan seperti seorang pasien yang mendapatkan diagnosa kedua dari dari seorang dokter yang berbeda. Hanya karena ada perbedaan pendapat dari seorang dokter berbeda bukan berarti pendapat dari dokter-dokter lainnya salah. Hal yang penting dari sebuah kompetisi adalah memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dan mempelajari agar dapat membenahi segala kelemahannya, itu adalah langkah yang paling tepat.

15 komentar:

kalau sekarang sih kadang walau suaranya bagus tapi sms dukungannya kurang ya tetep aja kalah hehehehhe

26 Desember 2009 01.18 comment-delete

Kalah atau menang dalam mengikuti sebuah kompetisi.. pasti mendapatkan sebuah pengalaman yang berharga..

26 Desember 2009 05.34 comment-delete

bener sob untuk mengetahui kekurangan diri sendiri agar ke depannya bermain musik lebih asik ^_^

26 Desember 2009 21.46 comment-delete

dengan adanya niat belajar dalam diri, mudah2an akan dapat mencapai hasil yang maksimal

27 Desember 2009 04.41 comment-delete

menumbuhkan jiwa berkompetisi secara positif ...

27 Desember 2009 17.30 comment-delete

I like your blog but german is a bit difficult to understand =]

Good lucck !

28 Desember 2009 06.40 comment-delete

Emng terkadang wajar bila salah mengutarakan sesuatu atau pendapat..

karena setiap orang diciptakan dengan pola fikir yang berbeda...

30 Desember 2009 00.05 comment-delete

haPpY new year...,

30 Desember 2009 20.15 comment-delete

tnaks om..dah mamapir..mamapri balik nih..BTW paJavakios distributor Pulsa elektrik murah dan cepat

Anonim
30 Desember 2009 22.09 comment-delete

Positif Thinkingsss.........

30 Desember 2009 23.38 comment-delete

mencetak seniman istan...easy come easy go...

3 Januari 2010 11.21 comment-delete

apa kabar???

4 Januari 2010 00.57 comment-delete

Tapi sering kali kita menemui iklim kompetisi yang tidak sehat seperti saling sikut antara peserta? apalagi ketika peserta kompetisinya masih anak2... kadang para orang tua juga ikut2an yang akhirnya membuat kompetisi tidak sehat... any comments?

7 Februari 2010 04.56 comment-delete

benar sekali.. segala kritik (termasuk yg pedas) sama seperti obat yang pahit bagi penyakit kita :)

17 Februari 2011 17.52 comment-delete

kaya american idol.. bisa hibur org pake n dpake lelucon, wkwkwkwkwkwwk

17 Februari 2011 19.05 comment-delete
Poskan Komentar

Copyright 2012 Blog Musik Samuel.