Tahapan Perkembangan Musikal Anak

51 komentar

Tahapan perkembangan musikal anak ini dikemukakan oleh Mlestones dan ditulis kembali oleh Shutter Duson dan Gabriel pada tahun 1981.

Berikut adalah tahap perkembangan musikal anak mulai dari lahirnya :

umur 0 - 1 tahun
-Anak dapat bereaksi terhadap suara

umur 1 - 2 tahun
-Memiliki kemampuan musik secara spontan

umur 2 - 3 tahun
-Dapat memproduksi kembali frase lagu yang didengarnya

umur 3 - 4 tahun
-Anak dapat memahami gambaran umum melodi
-Absolut pitch mulai berkembang bila ia belajar alat musik

umur 4 - 5 tahun
-Dapat membedakan register dari pitch beberapa nada
-Dapat menirukan dengan tepukan, irama sederhana yang diberikan

umur 5 - 6 tahun
-Dapat memahami dinamika lembut dan keras
-Dapat membedakan sesuatu yang sama dari yang berbeda pada tonalitas atau pola ritme yang sederhana

umur 6 - 7 tahun
-kemampuan bernyanyi dalam nada yang tepat, mulai berkembang
-musik tonal dapat dipahami lebih baik daripada musik atonal

umur 7 - 8 tahun
-dapat berapresiasi kesan konsonan dibandingkan yang disonan

umur 8 - 9 tahun
-kemampuan untuk menampilkan aspek ritmis berkembang

umur 9 - 10 tahun
-persepsi tentang ritmis berkembang
-kemampuan mengingat melodi berkembang
-melodi 2 suara dapat dipahami
-mulai memiliki rasa kadens

umur 10 - 11 tahun
-rasa harmoni semakin baik
-beberapa diantara mereka dapat mengapresiasikan hal - hal yang baik dari musik

umur 12 - 17 tahun (masuk kejenjang remaja)
-kemampuan apresiasi semakin meningkat terutama dalam kognitif dan respon emosi

Kesimpulannya musik dalam diri akan berkembang bila dilatih. Setiap tahapnya seperti menaiki tangga yang terus menuju ke atas. Sangat disarankan untuk melatihnya sejak dini.

51 komentar:

waow...sangat potensial nih anak-anak.
semoga generasi penerus bisa berkembang dalam hal posif, dalam hal ini pendidikkan dini sangat di perlukan.
Salam sukses selalu.

13 Desember 2009 07.27 comment-delete

Blog Anda adalah indah

13 Desember 2009 07.28 comment-delete

Sejak dini anak memang harus diPantau perkembangan Bakatnya mau dibawa ke arah mana si Anak tsb, good articeL sob, comeng balix yah...!!!

13 Desember 2009 07.40 comment-delete

gue punya anak cewek 3 tahun, tiap hari nyanyi.. mulu

13 Desember 2009 09.00 comment-delete

nice info
semua memang harus dilatih supaya dapat lebih optimal
Salam

13 Desember 2009 16.13 comment-delete

Tp mengapa ada sebagian orang yg nyanyinya fals?...

13 Desember 2009 16.32 comment-delete

Wah2.. Aku sih masih di jejang apresiasi.. masih umur 17...

ngomong2 kalo 17 ke atas gmn yah??

14 Desember 2009 00.57 comment-delete

Oh ... begitu ya ....
Dapat referensi baru nich ...

15 Desember 2009 15.23 comment-delete

memang benar sobat harus benar2 terlatih dari sejak usia dini agar mendapatkan hasil yang optimal

15 Desember 2009 17.00 comment-delete

emang bakat harus di kembangin dari kecil

15 Desember 2009 21.39 comment-delete

nice blog...

17 Desember 2009 02.51 comment-delete

memang musik bisa memacu perkembangan otak anak..terutama music classic

17 Desember 2009 04.14 comment-delete

industri musik juga lage tren2nya belakangan ini :-)
wah captchanya susah juga y :D

17 Desember 2009 04.29 comment-delete

Wah info yg sgt bgus kawan... lanjutkan

17 Desember 2009 05.44 comment-delete

klo dari kecil gak dilatih dengan musik gimana ya....hee

17 Desember 2009 06.30 comment-delete

Ok,...sip2 trnyata masih ada pemerhati anak2 d zman ini...Bagus tuh nanti bsa dtrpkan sm anak2 qt semua,.....Yg lum pnya anak y Nikah dulu....hehehe

17 Desember 2009 06.48 comment-delete

mantab bro...tapi anakku bumur 2 taon belum bis nyanyi...bisanya hanya ujungnya doang..hehehehe, tapi senengnya ngerjain orang...

17 Desember 2009 07.27 comment-delete

http://justice-insurance.blogspot.com

$enyum mani$

17 Desember 2009 07.41 comment-delete

kalo dari kecil sudah diarahkan dengan baik dan bertalenta, bisa jadi "new mozart"

17 Desember 2009 07.58 comment-delete

belajar musik sejak dini membantu perkembangan otak si anak, baguslah

17 Desember 2009 16.46 comment-delete

berkunjung juga

17 Desember 2009 21.46 comment-delete

anak kecilkan ibarat kaset yang masih baru sob.... kalau rekamannya bagus maka hasilnya pun juga akan bagus, begitupun sebaliknya

18 Desember 2009 00.08 comment-delete

artikelnya sangat menarik kawan menambah pengetahuaan dan pembelajaran sukses sob

18 Desember 2009 00.09 comment-delete

wah postingnya kereeen abiz.. go music go music go :)

18 Desember 2009 00.49 comment-delete

Si bungsu sekarang umur 1.5 th, berarti masuk kategori :
umur 1 - 2 tahun
-Memiliki kemampuan musik secara spontan

Hmm... Asyik nih artikel
Kunjungi saya yang baru di :
http://lo-harus-grak.blogspot.com

18 Desember 2009 07.06 comment-delete

Thanx for visit My friend! What is your opinion about my blog.Care For Link Exchange
http://www.faad1.com

18 Desember 2009 07.34 comment-delete

adek ari ada 12 tahun.....seringnyanyi...paling seneng sama tak gentong oleh alm Mbah surip...^_^

18 Desember 2009 09.07 comment-delete

he2 aq juga mo ngembangin bakat menyanyiku ah.. (gubraaaaak)

salam,
BlogNya PNS

18 Desember 2009 18.00 comment-delete

postingan menarik bro, putri saya AZMI NABILA ZAIN sekarang sudah berumur 2,6 tahun tiap hari nyanyi....terus...salam kenala bro

18 Desember 2009 19.05 comment-delete

wah.... postingan menarik... mantap2..

18 Desember 2009 20.12 comment-delete

mmm.. saya belum punya anak.. tapi bagus juga nih tuk persiapan.. save as ah... :)

19 Desember 2009 02.27 comment-delete

Titipan yang bagus sekali

19 Desember 2009 08.24 comment-delete

indah sekali warna disini, jadi betah mau nginep nih...
salam sukses selalu.

19 Desember 2009 21.38 comment-delete

makasih sharing manfaat ini kawan.

19 Desember 2009 23.50 comment-delete

Samuel, artikel yg sangat bermanfaat. Setiap orang tua harus tau info ini...

20 Desember 2009 07.20 comment-delete

informasi yang bermanfaat nih, jadi pengen liat ma anak sendiri... thanks ya.. :)

20 Desember 2009 20.27 comment-delete

aku kalo maen gitar bisa dan lumayan lancar,tapi biasanya maennya pas lagi gak ada paksaan dan moodnya enak...
kalo dipaksa rasanya gak enak...

20 Desember 2009 20.32 comment-delete

datang berkunjung,berharap di kunjungi balik

24 Desember 2009 05.21 comment-delete

nice article friend,, i hope u send back comment in my blog+exchange link,,u link in my blog,,please check in now,, thank dear friend,, im waiting

24 Desember 2009 05.42 comment-delete

mampir di blog sobat... nice info...
boleh skalian tukeran link..? :)

24 Desember 2009 21.20 comment-delete

Nice blog...
thanks for the info...
visit me back please... :)

24 Desember 2009 21.33 comment-delete

gue suka maen biola...mantap nih...

25 Desember 2009 10.05 comment-delete

thx infonya friends

25 Desember 2009 15.08 comment-delete

generasi penerus harus di arahkan dari sejak kecil, agar tersalurkan bakat serta hobby nya.
trims sob atas infonya sangat bermanfaat sukses selalu n tetap semangat

25 Desember 2009 15.39 comment-delete

i m coming

25 Desember 2009 21.07 comment-delete

anak kecil itu bagai kertas putih
tergantung orang dewasa akan mencoratkan apa

25 Desember 2009 22.39 comment-delete

infonya menarik sob..............

29 Desember 2009 10.22 comment-delete 31 Desember 2009 13.15 comment-delete 8 Januari 2010 21.24 comment-delete

dunia anak diawali dengan belajar musik...saat besar nanti dia akan lebih paham lagi...karena usia dini pd seorang anak lebih cepat menerima sesuatu dan bs menjadikannya sebagai bakat tuk trus dikembangkan

20 Januari 2010 04.00 comment-delete

klo saya kynya perkembangan terlambat nih, baru dilatih pas umur 18 soalnya...wkwkwkwkwkwkw

17 Februari 2011 00.39 comment-delete
Poskan Komentar

Copyright 2012 Blog Musik Samuel.