Hubungan Musik dengan Terapi Kesehatan

16 komentar


Apakah kaitannya musik dengan terapi kesehatan? Musik tentu sangat berpengaruh dalam hal tersebut. Terapi kesehatan yang menggunakan musik dapat meningkatkan kondisi fisik, emosi, kognitif, dan sosial bagi para individu. Pengaruhnya tidak bisa dilihat secara langsung tetapi sangat membantu dalam proses pemulihan sang pasien.

Pada jaman dahulu, dalam perang dunia ke I dan ke II, rumah sakit bagi para tentara yang terluka banyak dikunjungi oleh para musisi. Dengan kunjungan ini dapat membantu proses pemulihan mereka.

Sekarang banyak rumah sakit diluar negeri telah melakukan terapi musik dalam proses penyembuhan pasien. Menurut dr. Teddy, terapi musik berguna untuk memulihkan dan meningkatkan kondisi fisik, emosi, fisiologi, dan kesehatan jiwa serta kesejahteraan.

Ada yang unik di Rumah Sakit Hellersen di Ludenscheid, Jerman. Mengapa dikatakan unik? Dr. Ralph Spintge, ahli anestesi Rumah Sakit Hellersen mengatakan bahwa dirumah sakit tersebut tidak hanya dilengkapi dengan kamar operasi tapi dilengkapi dengan musik. Para pasien yang dibius lokal dapat memilih sendiri irama musik yang disukainya masing-masing.

Dalam suatu penelitian mengatakan bahwa dengan mendengarkan musik para pasien yang dioperasi dan para pelaku yang terlibat dalam operasi akan merasakan rileks saat mengerjakan pekerjaannya.

Kata health memiliki arti kesehatan. Tetapi tahukah kamu bahwa kata health akar katanya dari heal (kesehatan) yang berkaitan dengan sound (bunyi). Secara kata pun musik dengan kesehatan memiliki keterkaitan.

16 komentar:

Tepat sekali sahabat, saya-pun percaya bahwa music mempunyai pengaruh terhadap kesehatan. Salam

15 Februari 2010 07.08 comment-delete

Bener tuh sob... musik dapat meningkatkan kognitif dan cara berfikir seseorang dalam proses terapi kesehatan

15 Februari 2010 07.56 comment-delete

huwawawa....saya setuju mas mirip dengan artikel saya tuh...hehehehe

15 Februari 2010 16.16 comment-delete

bila saya sulit tidur, biasanya dengan mendengarkan musik ... sayapun bisa tertidur.

15 Februari 2010 16.25 comment-delete

wah bener sekali sobat memang musik banyak manfaatnya, music is my live...sukses sobat!

19 Februari 2010 10.57 comment-delete

mantap banget sob...musik dgn sendirinya akan merangsang imajinasi dan kreasi yg lebih pd diri seseorang

25 Februari 2010 12.09 comment-delete

idem ja ma yang atas... temenku yg di fisio terapi jga bilang gtu :)

29 Maret 2010 05.12 comment-delete

nice info
bersediakah tukaran link kaq samuel?

salam blogger

singgihmcr.blogspot.com

10 Juli 2010 19.34 comment-delete

memang ada hubungan erat kok itu

17 Februari 2011 00.53 comment-delete

musik memang dipakai untuk terapi kesehatan karena bisa menstimulasi otak

17 Februari 2011 01.02 comment-delete

"terima kasih telah membaca artikel musik ini, semoga bermanfaat."

Yup, artikelnya bermanfaat

17 Februari 2011 01.04 comment-delete

temenku yg di fisio terapi jga bilang gtu :)

17 Februari 2011 01.06 comment-delete

saya jg percaya bahwa music mempunyai pengaruh terhadap kesehatan.

17 Februari 2011 01.08 comment-delete

menurut saya musik juga dapat menambah rasa percaya diri.. dengan menyanyikan maupun mendengarnya saja :)

17 Februari 2011 18.30 comment-delete

hebat bener org yang menciptakan musik ya :)

17 Februari 2011 18.41 comment-delete

music is my life :)

8 Agustus 2011 20.55 comment-delete
Poskan Komentar

Copyright 2012 Blog Musik Samuel.