Rahasia Biola Stradivarius

25 komentar
Apakah yang orang tahu tentang biola Stradivarius ?
Tentu mereka hanya menjawab biola termahal didunia. Tentu ada rahasia dibalik dari harga yang begitu luar biasa untuk sebuah biola.

Berapa harga biola Stradivarius ini?
Pada saat itu biola tersebut dijual di Balai Lelang Christie, New York. Harga biola ini mencapai 2 juta US dollar! Atau bila dimasukan kurs rupiah sekarang sekitar 9,3 Miliar rupiah! Bahkan menurut berita terbaru harga lelangnya yang tertinggi US$ 3.544.000 pada tanggal 16 Mei 2006. Harga yang fanstastis untuk sebuah biola.
Apa yang membuat biola Stradivarius memiliki harga yang sangat mahal?
Biola ini memiliki suara yang memiliki khas dan misteri yang keindahannya tak tertandingi. Keindahan suara dari biola tersebut masih menjadi misteri.

Mengapa keindahan biola Stradivarius masih menjadi misteri?
Karena sudah banyak para ilmuan yang mencoba untuk membuat duplikat dari biola Stradivarius ini dengan menggabung berbagai ilmu untuk membuat biola yang sama. Namun usaha mereka belum berhasil untuk membuat sebuah biola yang sama.

Apa yang mempengaruhi kualitas suara dari biola Stradivarius?
Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas dari biola tersebut. Salah satunya kualitas kayu tersebut. Kuliatas kayu tersebut dipengaruhi oleh iklim dan cuaca saat menjadi pohon.
Faktor kedua adalah ketika umur kayu semakin panjang disaat itu pula kerapatan kayu semakin rapat. Kerapatan kayu biola juga mempengaruhi kualitas suara biola tersebut. Oleh karena itu tidak banyak biola second yang harganya lebih mahal daripada harga pertama membeli.
Faktor ketiga biola ini didesain oleh pembuatnya yaitu Antonio Stradivari yang menyempurnakan biola tersebut dengan geometri sehingga dapat menghasilkan sebuah biola yang menghasilkan suara yang jernih dan volume suara yang terbesar.


Biola tersebut memiliki sebuah sejarah yang ditorehkan oleh Antonio Stradivari . Antonio Stradivari lahir pada tahun 1644 di Cremona. Dia mempublikasikan biola Stradivarius pada tahun 1698 dan 1725. Antonio Stradivari telah membuat lebih dari 1101 instrument berupa biola, gitar, viola, dan cello. Kira-kira yang bertahan jumlahnya hanya sekitar 650 buah. Untuk biola hanya 100 buah yang bertahan hingga sekarang yang tercatat didunia.

Namun banyak para pemalsu biola Stradivarius ini untuk menguntungkan dirinya sendiri. Sehingga bila kita tidak teliti akan tertipu dengan "biola Stradivarius" yang lain ini.

25 komentar:

ngamin pertama sahabat

4 April 2010 pukul 00.18 comment-delete

postingan yang menarik dan bermanfaat terutama bagi penggemar biola. Salam.

4 April 2010 pukul 17.47 comment-delete

Secara kebetulan, saya berhasil memiliki sebuah Biola yang didalamnya terdapat tulisan; "Antonius Stradivarius Cremonencis Faciebat Anno 1713"
Saya tidak tahu itu asli apa tidak. Yang saya tahu, Biola tersebut sudah berumur ratusan tahun (berdasarkan riwayat kepemilikan).
Dan bobot/ berat Biola tersebut amat ringan, jauh dibandingkan Biola bikinan China.
Berapa ya harga Biola saya tersebut..?
Barangkali ada yang bersedia sharing, mohon email ke indonesiashakti@gmail.com

Salam Hadi

Anonim
10 Mei 2010 pukul 11.09 comment-delete

Coba mas Hadi, itu bisa di cek keasliannya, namun mesti ada biaya, dan kalau memang betul setelah dicek ada sertfikat kok.tempat saya nyangkul sering membantu/advis dan tertulis hitam diatas putih untuk kemanan, karena kalau benar sangat mahal, dan yang pasti pemilik tidak takut kehilangan aset. Selain itu bisa juga mengadakan pelelangannya.Kalau memang serius bisa kontak saya dulu , sebelum diapa-apain, agar menghemat biaya. Oh ya kalau bisa dicatat urutan asal usul biola sampai ketangan mas Hadi dan foto dari semua sisi. Jangan dipoles atau diplitur ulang lho.
Bekti
nrobek@yahoo.com
Demikian saran yang dapatsaya sampaikan

Anonim
24 Mei 2010 pukul 07.52 comment-delete

hello,your work is quite good,best of the luck.

3 Juni 2010 pukul 07.55 comment-delete

Thanks for sharing your knowledge with us. Keep it up.

5 Juni 2010 pukul 01.14 comment-delete

waaaaah menakjubkan

Anonim
8 Juni 2010 pukul 22.53 comment-delete

Stradivarius? wah, ini biola yang di komik detektif conan

17 Februari 2011 pukul 00.47 comment-delete

Katanya stradivarius itu biola terkenal ya

17 Februari 2011 pukul 00.51 comment-delete

"Secara kebetulan, saya berhasil memiliki sebuah Biola yang didalamnya terdapat tulisan; "Antonius Stradivarius Cremonencis Faciebat Anno 1713"
Saya tidak tahu itu asli apa tidak. Yang saya tahu, Biola tersebut sudah berumur ratusan tahun (berdasarkan riwayat kepemilikan).
Dan bobot/ berat Biola tersebut amat ringan, jauh dibandingkan Biola bikinan China.
Berapa ya harga Biola saya tersebut..?"

wah bisa mahal itu harganya

17 Februari 2011 pukul 00.55 comment-delete

boleh juga infonya, thanks for sharing

17 Februari 2011 pukul 00.58 comment-delete

pertama kali denger dari komik Conan

17 Februari 2011 pukul 01.00 comment-delete

wah mantap ni,
btw stradivarius bukannya d komik detektif kindaichi ya? :D

17 Februari 2011 pukul 22.30 comment-delete

Saya juga kolektor tingkat kampung mas,di FLORES sana,ada 4 buah biola,2 diantaranya merk Antonius Stradiverius yg satunya coppy,satunya lagi merk Joseph Guarnerius Filius Andrae Fecit Cremonae sub titulo S.Teresie.1695,,,masih utuh,kovernya dari kayu asli,ringan,suaranya wou,angka 95 ditulis tangan,ada logo JG tertulis di jembatannya dan juga tulisan PANP,Saya beli dari teman saat kuliah thn 1987.KITA SAMA-SAMA CARI TAU MAS,ASLI APA TIDAK?,Biola itu ada di Flores kira2 bersamaan dengan kedatangan misionaris Katolik,kntk prsn,081236947221,YOSEPH MARTO

Anonim
15 Juli 2011 pukul 22.52 comment-delete

wedew, yang bikin siapa nih? mahal bener... harga-nya kalo buat makan warteg bisa ampe meninggal...

Anonim
26 November 2011 pukul 10.28 comment-delete

ijin copas ya, ntar saya link balik sumbernya ke blog ini
makasih

14 Oktober 2012 pukul 07.32 comment-delete

supaya tidak tertipu karena terpikat dengan tampilan luar biola tersebut, kita sebaiknya melihat ke bagian dalamnya. lihat label pembuat biola tersebut. memang tulisannya: Antonius Stradivarius Cremonensis anno..... (bla-bla-bla)

sepintas terkesan asli, apalagi kalau anno 1718, anno 1720, dsb. kesannya anti, bukan? tapi tunggu dulu. lihat lagi label-nya. apakah ditulis tangan atau seperti dicetak? pada zaman stradivar, belum diciptakan mesin cetak. dan lagi, tulisan tangan stradivarius sangat jelek ^^, sehingga agak sulit membacanya. selain itu, apakah ada tulisan (made in germany / made in cekoslovakia, made in dsb)? jika ciri2 yang saya sebutkan tadi terdapat dalam label biola stradivarius yang anda lihat, dapat dipastikan biola stradivari tersebut hanyalah replika/copy dari biola stradivari yang asli. memang dibuat semirip mungkin dan menggunakan rumus pembuatan biola yang sama dengan biola stradivari, serta dibuat oleh Luthiere zaman dahulu. tetapi tetap saja, biola ini merupakan replika/copy dari biola stradivari yang asli.

kalau saya pribadi kurang cocok dengan biola stradivari. sudah cocok dengan biola model guarneri. skarang pun pakainya replika biola guarneri. Antoine Martin-copy of Guarneri del gesu (replika biola-nya Nicollo Pagannini). *halah malah sharing ^^

demikian informasinya, semoga membantu ^^

Anonim
18 November 2012 pukul 07.47 comment-delete

aku pernah dengger kalo pamanku punya biola stradivari ??
emang si mirip bangget..
suaranya juga enak bgt..
banyak bule yang mau beli biola milik pamanku,,
tapi dia kekeh gak mau beli ..
are you belive it, that its really stadivari ??

18 Januari 2013 pukul 04.03 comment-delete

permisi ,, mau numpang sharing ... dan minta tolong bantu untuk mengetahu tingkat keaslian atau kapan tepatnya biola ayah saya ini dibuat.terimakasih banyak,bila ada info bisa inbox ke fb saya di : angel klandestin.
untuk sedikit foto dari biola ayah saya ini link nya ____________ http://www.kaskus.co.id/post/51851420db9248e16f00000e#post51851420db9248e16f00000e_______________

5 Mei 2013 pukul 02.13 comment-delete

waaah hebat juga ya biolanya ini bisa dihargai segitu tinggi

31 Juli 2013 pukul 22.20 comment-delete

For Diah Klandestin

Saya sudah lihat fotonya. Tapi itu bukan yang asli alias biola itu copy.

31 Agustus 2013 pukul 21.55 comment-delete

Kebetulan saya juga memiliki biola langka tersebut, didalamnya ada label bertuliskan : "Antonius Stradivarius cremonenfis faciebat anno 1707" dan ada lambang A dan S,
Bagaimana saya dpt tahu keasliannya dan harga yg pantas buat biola saya, klo ada biaya untuk mengetahui keasliannya, berapa biayanya..barangkali ada yg bisa membantu saya, terima kasih
salam Teddy, bisa email ke tfransanata@gmail.com

12 Januari 2014 pukul 15.08 comment-delete

Saya punya milik kakek saya asli mau di jual... bagi yg minat silahkan hubungi no ini 085878284324 sebelum di beli barang bisa di lihat dulu.

25 Mei 2014 pukul 09.54 comment-delete

Saya punya biola copy of ANTONIUS STRADIVARIUS Faciebat Cremona 1713 made in German.. kira" kalau di jual itu brp yah?? Saya dapat dari seorg turis dan semua kayunya masih asli tanpa ada reparasi sedikt pun.. gmn cara cek keasliannya?? Mihon bantuannya yah.. trims

6 Juli 2014 pukul 18.44 comment-delete

Saya punya beberapa biola tua, kebanyakan kayu maple, hanya saja saya ga tahu buatan siapa, karena ga ada tulisan sama sekali pada biola tersebut, saya beli dari beberapa pengepul mebel antik di desa2, jadi saya cuma menyebutnya biola tua, karena ga tau siapa luthier nya :)

Anonim
16 Juli 2014 pukul 08.56 comment-delete
Posting Komentar

Copyright 2012 Blog Musik Samuel.