Latihan atau Bakat Musik?

4 komentar

Banyak orang yang berpikir orang yang sukses dalam dunia musik maupun dunia lainnya hanyalah karena bakat mereka yang begitu besar. Apakah demikian? Tidak sepenuhnya!

Sebenarnya orang yang berhasil dalam dunia musik karena mereka memiliki kesabaran dan tekad dalam latihan yang besar. Mereka yang berjiwa besarlah yang dapat mengalahkan segala tantangan yang ada di depan dan tak akan pernah menyerah. Kemauan yang besar dan cita-cita yang tinggi dan tidak pernah puas dengan apa yang dicapainya, itulah tujuan tanpa akhir batas yang membuat mereka para musisi besar semakin maju dan maju.

Saya ambil salah satu biografi musisi besar pada jaman klasik yaitu Ludwig Van Beethoven. Salah seorang yang menjadi idola musik saya. Bila kita lihat masa kecil Beethoven masa-masa yang harusnya dikenang sebagai masa-masa permainan dan indah, yang ia hadapi berbeda dengan masa kecil kita. Masa kecilnya diisi dengan latihan musik setiap hari karena dipaksa oleh ayahnya. Namun karena didikan tersebut, masa depannya ia didisiplinkan oleh latihan karena kesadaran sendiri bukan karena paksaan lagi. Musik seakan adalah bagian dari hidupnya yang tak pernah terlepas setiap harinya. Dapatkah kita terapkan latihan musik seperti itu dalam sehari-hari?

Mari kita yang mau berusaha pasti ada hasil. Dan ketika kita sudah terlatih, janganlah kita bersembunyi. Kita harus menunjukan kemampuan yang kita punya pada dunia agar kemampuan yang kita miliki dapat dinikmati untuk orang lain dan untuk pelayanan kepada Tuhan.

Salam Musik
Semangat Berlatih!
Samuel Adinugraha

4 komentar:

betul sahabat kegigihan dalam berlatih juga ikut menentukan keberhasilan seseorang didunia musik dan tidak sebatas hanya bakat saja.

4 September 2010 pukul 21.01 comment-delete

bakat itu 1%, 99% adalah kerjakeras

edi
15 September 2010 pukul 18.42 comment-delete

setuju...ga ada sesuatu yang baik yang didapat dengan instan. nice work...

Anonim
16 September 2010 pukul 05.38 comment-delete

bakat hanya menentukan seberapa cepat ia mempelajari sesuatu.. hasil akhir tetap bergantung pada kerja keras :)

21 Februari 2011 pukul 23.28 comment-delete
Posting Komentar

Copyright 2012 Blog Musik Samuel.