Biografi The Beatles Sang Legendaris

2 komentar



Grup musik The Beatles datang dari kota Liverpool Inggris, suatu kota pelabuhan di Pantai Barat Inggris. The Beatles beranggotakan beberapa legenda musik dunia yakni John Lennnon, Paul Mc Cartney, George Horrison, serta Stuart Sutcliffe. Pada 1961 Stuart Sutcliffe keluar dari The Beatles serta digantikan Paul pada posisinya dulu sebagai pemain bass. Performance The Beatles di Liverpool pada 1961 memperoleh sambutan meriah, juga seseorang entrepreneur lokal Brian Epstein tertarik serta pada akhirnya jadi manajer The Beatles. Karena usahanya, Beatles lalu bikin kontrak rekaman dengan Parlophone cabang perusahaan rekaman EMI Records  pada 1962.

Ringgo Starr lalu masuk jadi personil baru The Beatles 1962 menempati posisi pada pemain drum permanen. Pada Oktober 1962 mereka mengeluarkan singel berjudul Love Me Do yang mencapai posisi ke 17 lagu terpopuler di Inggris. Setelah itu Please Please Me yang launching  pada 1963 menempati ranking ke 2 lagu terpopuler serta jadi momentum kepopuleran Beatles di seantero Eropa.

Beatles lalu menjelajah ke Benua Amerika mengadakan tour di beberapa kota besar. Sambutan orang-orang Amerika betul-betul menggila. Beberapa ratus ribu orang senantiasa memadati konser-konser Beatles, bahakan jutaan orang melihat melalui monitor TV. Album-album Beatles juga laris di pasar Amerika, Eropa juga Asia. Dari album Rubber Soul (1965), Beatles sudah merubah image dari lagu-lagu cinta menjadi beraliran rock dengan beragam tema lagu. Produser George Martin juga memerankan tokoh utama dalam menyajikan kebebasan pada mereka untuk bereksplorasi dalam mencipta lagu.

Padaa 29 Agustus 1966 Beatles menggelar konser paling akhir di San Fransisco. Sesudah itu mereka kembali ke studio untuk mengerjakan rekaman singel Strawbery Field Forever (1967). Tetapi keretakan di grup ini mulai terlihat di  1969. Tetapi Beatles terus membuahkan album-album top seperti The Beatles serta Refolver. Keretakan semakin mencapai puncak dan akhirnya Beatles dengan cara resmi menyatakan bubar pada tanggal 10 April 1970.

Beberapa orang mengharapkan group music ini menyatu kembali, tetapi sesudah John Lenon tewas ditembak penggemarnya tanggal 8 Desember 1980 harapan pengagum Beatles di penjuru dunia tak akan terwujud. Tetapi pada 1995 singel "Free As A Bird" launching dibawah stempel beatles. Sekian juga The Beatles Anthology suatu serial histori untuk TV launching. Sampai saat ini lagu-lagu beatles terus di buru penggemarnya sampai menasbihkan bahwasanya Beatles tidak sempat mati.

Aneh memang, cuma berumur sepuluh tahun, tapi pengaruh The Beatles kuat sekali di seluruh dunia. Mereka yang bikin istilah British Invasion pertama kali populer di Amrik, sebelum era Radiohead, Blur, dan Oasis di tahun 90-an.

The Beatles memainkan musik campuran antara pop dan rock.  Tema lagu mereka terus berkembang. Dari tentang para wanita, seperti di lagu I Wanna Hold Your Hand dan Love Me Do, sampai kehidupan kelas pekerja di Inggris dalam lagu Working Class Hero, serta masalah spiritual dan politik.  Album-album legendaris mereka, diantaranya Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967), White Album (1968), dan Yellow Submarine (1969).

Seperti Elvis Presley, The Beatles juga membuat para wanita histeris, dan para pria, meniru model rambut poni mereka. Sayangnya, masalah pribadi, terutama antara John dan Paul, makin lama makin parah.  Mereka akhirnya memutuskan bubar setelah merilis album Let It Be (1970).

Itulah artikel singkat mengenai Biografi The Beatles Sang Legendaris. Semoga bermanfaat! 

2 komentar:

Artikel biografi yang lengkap dan menarik, sangat senang melihat sejarah musik masih jadi legenda hingga sekarang. salam kenal ya mas.. ijin share nich..thanks..

22 Maret 2015 pukul 05.07 comment-delete

wah akhirnya nemu biografi yang lengkap dari the beatles thank ya gan informasinyaa :D :D

6 Juni 2015 pukul 08.00 comment-delete
Posting Komentar

Copyright 2012 Blog Musik Samuel.