Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Biola

11 komentar
Pada kali ini saya akan membagikan info yang berguna bagi calon pembeli biola yang awam dan untuk para violinist. Anda mungkin tidak tahu bagaimana biola yang berkualitas. Apa saja yang mempengaruhi faktor kualitas dari biola tersebut? Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Tapi kali ini saya akan membagikan tentang salah satu faktornya yaitu kayu.

Kayu yang baik untuk pembuatan biola adalah kayu yang umurnya bersifat tua. Bagaimana membedakan kayu tua dan muda? Atau kayu yang baik dan yang buruk? Kayu pada biola umumnya pada sekilas kasat mata adalah sama. Namun jika kita sadari sesungguhnya kayu tersebut berbeda.

Bila kita melihat pada belakang biola akan terlihat serat - serat kayu. Umumnya serat-serat kayu terlihat pada belakang biola. Bagaimanakah cara melihat serat-serat kayu yang tua pada biola?

Biola yang menggunakan kayu yang tua, pada belakang biola serat-serat biola akan terlihat berubah-ubah ketika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya dilihat dari bawah dan dari depan akan terlihat berbeda. Jika biola yang menggunakan kayu muda, serat kayunya tidak terlihat atau tidak berubah. Bisa dilihat pada biola dibawah ini, yang bertanda panah dan garis-garis hitam lainnya merupakan serat. Itu merupakan salah satu faktor dari kualitas kayu biola. Dan untuk faktor-faktor lainnya bisa dilihat pada posting artikel berikutnya :)

Bagi teman-teman yang berminat membeli biola dapat menghubungi saya di 02293718625

Terima Kasih
Salam Musik
Samuel Adinugraha

11 komentar:

saya ngga begitu bisa main biola sob, tp makasih atas sharingnya.

11 Januari 2011 pukul 21.30 comment-delete

numpang tanya..apa merek menentukan kualitas biola juga?

Zeitira Mardhafura
28 Maret 2011 pukul 22.22 comment-delete

mau tanya, seratnya berubah2 gimana?
oh iya biola cremona fecit anno domino bagus ga sih? apa kelebihan sama kekurangannya

14 April 2011 pukul 23.58 comment-delete

krna bahan pembuatan biola sangat mempengaruhi kualitas maka merek pun dapat mempengaruhinya, krna dalam sebuah merek otomatis memiliki bahan2 yang berbeda..semakin tua bahan kayu yg dipake maka akan semakin bagus..

Fey
10 Juni 2012 pukul 19.00 comment-delete

ini memang benar, bahwasanya biola yang baik menggunakan kayu yang bersifat tua. akan tetapi oleh beberapa pabrik biola yang ingin mencari keuntungan lebih, ciri2 yang anda sebutkan di atas tadi, "diakali" dengan cara "dilukis". sehingga corak biola bagian belakang terkesan "tua" dan indah. malah ada beberapa yang menyedian biola "old model" yang memang sengaja dibuat kusam, kesan tua, antik, dsb. kendati biola tersebut merupakan biola murahan.

tidak perlu khawatir, kita juga bisa jeli melihat perbedaan kayu ini. simpel saja. kalau anda tadi menyuruh kita untuk melihat biola dari bagian belakangnya/punggungnya, kalau saya menyuruh anda untuk melihat biola dari bagian dalamnya. apabila corak di bagian belakang/punggung biola sama dengan bagian dalamnya, maka dipastikan corak di belakang biola itu asli. tapi kalau berbeda. misalnya di belakang biola begitu indah, tapi dalamnya nampak seperti biola biasa, maka tidak perlu ditanya lagi, anda sedang ditipu untuk membeli biola murah yg seolah2 mahal.

semoga membantu ^^

Anonim
18 November 2012 pukul 07.37 comment-delete

dalam kayu maple yg anda beri tanda panah itu bukan serat juragan,itu figure atau motif,maple punya beberapa motif,flame,bird eye,curly,dll.penampang serat kayu maple tetap vertical. dan kontribusi suara untuk back plate cuma antara 10% sd 20%,kayu depan yg lazimnya sprucelah yg mendominasi keunggulan suara pada biola.yang dikatakan kayu tua jg ada kriterianya,tua 1: selagi masih pohon,spruce akan semakin rapat dan tegas garis seratnya.tua 2:selagi disimpan luthier (pembuat instrument)sebelum dibuat biola, 3: tua setelah menjadi biola.panjaaang kalau mau dijabarkan

Anonim
18 November 2012 pukul 08.51 comment-delete

saya juga sedang mencari biola buat anak saya.
tapi saya dibisikkin sama pemain biola "usia manula".

Beli biola?...
1)lihat bagian f holenya, cari yg tebalnya kayu terlihat dibentuk halus, & divernis licin merata (tidak ada gumpalan vernis)
2)lihat bagian strainer (tepian C bout & bout atas-bawah), cari yang diukir ceruk & serutannya halus licin, jaraknya (mm) stabil dari sekeliling tepi
3)jgn peduliin buatan Eropa / USA / China / Lokal, asal bisa nemu yg begituan, ada duit? beli. itu standar biola bagus.

Bener gak seh, nasihat yg saya terima ini?
mohon advis serius, bisa ke e-mail: oandoko@yahoo.com /sms: 0811-1005604 Terimakasih.

Anonim
4 April 2013 pukul 20.40 comment-delete

Gan ada no lain gak yg bisa dihubungi? Sepertinya sya tertarik beli biola sma agan ^^

Anonim
29 November 2013 pukul 04.27 comment-delete

@anonim: hubungi aja CP di sebelah kanan ( 087822780027 ) ato pin BBnya
thanks

6 Desember 2013 pukul 01.12 comment-delete

Mau tanya biola cremona sv 200 sama scott cao 017 bagus mana y makasih

23 Juni 2014 pukul 07.23 comment-delete

Mau tanya biola cremona sv 200 sama scott cao 017 bagus mana y makasih

23 Juni 2014 pukul 07.24 comment-delete
Posting Komentar

Copyright 2012 Blog Musik Samuel.